Cara Menggunakan Perintah XREF Pada AutoCAD 2014

Perintah External Reference (XRef) adalah suatu perintah modifikasi yang digunakan untuk mengambil gambar dari file lain pada AutoCAD. File yang dimaksud disini adalah file yang mempunyai spesifikasi sesuai ketentuan Autodesk. Adapun file yang dapat disematkan adalah file dengan ekstensi .DWG .DWF .DGN .PDF .Point Cloud dan Image.

Cara kerja External Reference (XRef) adalah sebagai link atau penghubung antara file .DWG (AutoCAD) dengan file yang telah disebutkan diatas. Jika file referensi yang disematkan diubah, maka file yang sedang dikerjakan secara otomatis akan berubah. Disarankan, untuk file yang dikerjaan dan file referensi dibuat menjadi 1 folder. Hal ini dimaksudkan agar proses modifikasi berlangsung lebih cepat.

External Reference umumnya digunakan untuk proyek konstruksi bangunan tinggi. Kita tahu bahwa, bangunan tinggi memiliki tingkat ketelitian dan kesesuaian antar lantai. Sehingga, untuk meminimalisir tingkat kesalahan pada gambar, penggunaan External Reference sangat disarankan. Selain dapat mempersingkat waktu, mengurangi kesalahan, External Reference juga mengurangi ukuran file itu sendiri. Jadi dapat disimpulkan bahwa, fasilitas ini sangat membantu dalam mengerjaakan gambar yang relatif kompleks.

Untuk menambah keyakinan kita dalam menggunakan perintah External Reference, saya sebutkan beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan External Reference (Xref) pada proyek-proyek besar.

  1. External Reference (Xref) dapat memperkecil ukuran file
  2. External Reference (Xref) dapat mempermudah pekerjaan, yaitu dengan memuat, membongkar atau memasang gambar pada file pekerjaan utama.
  3. File External Reference (Xref) dapat digunakan kembali tanpa harus menggambar ulang.
  4. Selain itu perintah Xref mudah digunakan dan diedit setiap saat. Gambar yang dihasilkan akan sama dengan file referensi yang telah diambil. Dengan kata lain, penggunaanya hanya mengatur layer yang aktif dan tidaknya saat penggunaan.

Berikut ini langkah-langkah Menggunakan Perintah Xref Pada AutoCAD

  1. Save As lembar kerja baru pada 1 folder dengan file yang akan diambil [CTRL+S]
  2. Ketik XR pada command line
  3. Pilih Attach DWG
  4. Pilih file yang akan di XRef
  5. Pilih Relative Path
  6. Tentukan koordinat peletakan gambar
Klik pada gambar untuk memperbesar gambar
Command: XR <enter>
Attach Xref "Denal Lantai 2": .\Denah Lantai 2.dwg
Specify insertion point or [Scale/X/Y/Z/Rotate/PScale/PX/PY/PZ/PRotate]: 0,0 <enter>
Command: Z <enter>
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] <real time>: E <enter>

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Menggunakan Perintah XREF Pada AutoCAD 2014"