Cara Menggunakan Perintah ST Pada AutoCAD 2014

Dalam membuat suatu gambar terdapat tiga komponen menejemen layer yang utama yaitu, objek (linetype, line weight, block, properties), huruf (text) dan angka (dimension ). Namun yang akan dibahas disini hanya Huruf/teks.

Huruf atau text biasanya diberikan pada setiap gambar sebagai keterangan. Text juga berpengaruh dengan perbandingan gambar yang ada. Untuk itu mengaturan skala sangat penting demi keidealan text dalam gambar. Pengaturan text didasarkan atas ketinggian huruf (height), jarak antar huruf (weight factor).

Untuk menentukan height atau ketinggian huruf, anda perlu merencanakan skala pada gambar terlebih dahulu dan ukuran huruf saat di plot. Misalkan skala gambar yang digunakan adalah 1:100 dan untuk hasil cetakan huruf dengan ketinggian 2.5 mm. Maka dengan mengalikannya anda dapat menentukan ketinggian ideal huruf tersebut. 2.5 X 100 = 250 mm, jadi height yang digunakan adalah 250. Dan untuk weight factor tergantung selera anda, asalkan tidak terlalu sempit dan terlalu lebar (yang digunakan disini 3/4 atau 0.75).

Note: Klik gambar untuk memperbesar gambar

Command: ST <enter>

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Menggunakan Perintah ST Pada AutoCAD 2014"

  1. Boleh saya kursus autocad via email/hp dgn anda? Berapa biayanya?

    By auliya.iskandar.mn@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Sebelumnya.. Saya hanya merbagi yang saya tau.

      Kalo mau tanya-tanya bisa di contact via facebook

      Delete