Cara Menggunakan Perintah Wipeout Pada AutoCAD 2014

Menurut saya Perintah AutoCAD yang paling membosankan adalah Trim. Mengapa demikian, jika kita menggunakan perintah trim dalam objek kecil maka itu tidak jadi masalah. Namun jika kita menggunakannya dalam objek besar seperti membuat Rencana Atap maka capek yang akan kita dapatkan.

Berkaca dari itu maka AutoCAD banyak memberikan kemudahan pada penggunanya salah satunya adalah penggunaan perintah Wipeout. Perintah ini memberikan kemudahan pada kita untuk membuat objek dalam bentuk polyline front order. Misalkan ada dua objek yang saling bertumpukan perintah ini dapat difungsikan. Tanpa harus menggunakan perintah trim untuk memotong bagian bawahnya, objek yang ada dibawah akan terhalang objek yang ada diatasnya.


Command: WIPEOUT <enter>
Specify first point or [Frames/Polyline] <Polyline>: <pick>
Specify next point: <pick>
Specify next point or [Undo]: <pick>
Specify next point or [Close/Undo]: <pick>
Specify next point or [Close/Undo]: <enter>

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Cara Menggunakan Perintah Wipeout Pada AutoCAD 2014"

  1. mas mau tanya, perintah wipeout ini ndak bisa pake titik koordinat ta mas penggambarannya? pas dicoba kok misalnya ya mas dari penentuan titik awal terus next point saya coba masukin titik kordinat tapi hasilnya ndak sesuai dengan nilai yang saya masukin (cuma pas titik pertama ke next point) untuk yang titik ketiga bisa sesuai sama yang saya masukin titik koordinatnya. mohon penjelasannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba periksa, Apakah koordinat yang dimasukkan sudah sesuai atau belum. Gunakan perintah Command: ID
      Secara umum, untuk menjalankan perintah Wipeout dapat menggunakan (1) Pick (klik) point, (2) Input koordinat, (3) Select Polygon.
      Terima kasih

      Delete
    2. sudah sesuai mas koordinatnya, cuma dari titik awal ke titik kedua yang ndak sesuai mas. dari titik kedua ke selanjutnya sudah bener.
      (command ID) pas tak coba nentuin titik ID, terus saya mulai titik awal wipeout dari titik ID tadi baru bener mas. apa memang harus nentuin ID dulu ya mas?

      Delete
    3. Sebenarnya tidak perlu menggunakan perintah ID, jika koordinat yang dimasukkan sesuai. Kalo misalkan ada yang kelihatan aneh, baru di cek pake ID.

      Delete
  2. command id itu fungsi sebenarnya apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibaca, artikel singkatnya, http://caraautocad.blogspot.co.id/2013/06/cara-menggunakan-perintah-id-pada.html

      Delete